5 Keuntungan Belajar Online



Sudah hampir satu tahun ini  sistem pembelajaran online atau pembelajaran daring mulai menjadi rutinitas akibat wabah Covid19. Para siswa diminta untuk belajar di rumah dengan mendapat pendampingan orang tua dan dengan menggunakan sistem online. Belajar online sementara ini dianggap sebagai solusi terbaik untuk dunia pendidikan saat ini. Lantas, apa saja keuntungan belajar online baik bagi siswa maupun guru? Simak informasinya berikut. 

Fleksibel dan Praktis

Dari segi kepraktisan, sistem pembelajaran online memang jauh lebih praktis bila dibandingkan dengan sistem pembelajaran offline. Contoh sederhananya begini: dengan melalui sistem pembelajaran online, siswa dapat mengikuti kelas dari rumah; tidak perlu menempuh perjalanan menuju sekolah yang pastinya membutuhkan waktu. 

Artinya, kegiatan belajar dilaksanakan di rumah masing-masing siswa. Sisi kepraktisan lainnya adalah siswa tidak perlu memakai seragam dan berpakaian rapi layaknya ketika akan bersekolah di hari-hari biasa sebelum terjadi pandemi. 

Kepraktisan ini tentu sangat membantu siswa untuk dapat lebih fokus lagi dalam mengikuti kelas online. Siswa tidak perlu lagi memikirkan hal lainnya di luar kelas online. Cukup fokus pada materi yang tengah disampaikan oleh guru via online. 

Penggunaan Pendekatan yang Sesuai

Dalam implementasinya, pembelajaran online kerap menggunakan pendekatan teknologi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan siswa masa kini. Tidak ada penggunaan metode konservatif seperti saat pembelajaran tatap muka diselenggarakan. 

Kelas-kelas online pada sistem pembelajaran online juga menerapkan metode-metode gabungan informal dan formal. Dengan penggunaan metode yang tepat semacam ini, siswa akan jauh lebih mudah memahami segala materi. Apalagi metode pembelajaran yang baru ini mungkin sesuai dengan gaya belajar siswa sekarang ini. 

Menambah Pengalaman Belajar yang Berbeda

Pembelajaran online memang telah menghilangkan gaya-gaya belajar konvensional. Misal bertatap muka dengan guru dengan spidol dan whiteboard, tidak lagi mencatat atau membuat ringkasan materi di atas kertas, dan tidak lagi mengerjakan dan mengumpulkan tugas secara manual dengan menggunakan kertas. 

Sebaliknya, pembelajaran online telah mengubah ini semua. Tugas sekolah dikumpulkan dalam format digital, seperti audio, foto,video, atau file tulisan dalam format digital. Tugas-tugas ini dikumpulkan melalui email, aplikasi chat, dan lain sebagainya. Pengalaman baru ini tentu akan membuat kegiatan rutinitas belajar sehari-hari akan jauh lebih menyenangkan sekaligus menantang. 

Kegiatan Belajar lebih Personal

Umumnya sistem pembelajaran konvensional mengaplikasikan metode penyampaian materi satu arah. Namun sudah cukup banyak sekolah yang sudah menerapkan sistem belajar yang bersifat dua arah. Sama seperti kelas online, metode penyampaian yang bersifat dua arah ini benar-benar menjadikan guru dan siswa terhubung dalam satu waktu dan dalam satu ruang, yaitu kelas online. 

Metode ini memungkinkan siswa dan guru saling berinteraksi secara langsung selayaknya di kelas biasa. Contoh: guru menyampaikan materi via online, misal via Aplikasi Zoom, lalu ada sesi tanya jawab dengan guru. Pada sesi ini, siswa dapat bertanya secara langsung via live video interaktif di aplikasi yang sama. 

Hemat Biaya dan Hemat Waktu

Keuntungan belajar online lainnya yaitu hemat biaya dan hemat waktu. Dengan diberlakukannya sistem belajar online, siswa tidak perlu lagi mengeluarkan budget untuk membeli buku, modul, fotokopi materi, dan bahkan untuk jajan/ makan di kantin. 

Sisi hemat lainnya dari sistem pembelajaran online adalah dapat menghemat waktu. Siswa dan guru tidak perlu lagi membuang waktu untuk berpindah kelas hanya untuk mengikuti kelas selanjutnya. Belajar online hanya memerlukan satu spot saja sebagai kelas. 

Demikian info menarik seputar keuntungan belajar online, terutama bagi siswa. Dapatkan informasi menarik lainnya seputar pendidikan hanya di situs kami di academia.co.id.

Posting Komentar

0 Komentar